Dalam upaya
memahami jenis alat peraga dalam pembelajaran matematika, pengetahuan alat
peraga secara umum seyogianya harus dipahami sebagai pengetahuan awal.
Wiryawan dan
Noorhadi (Sumantri, Permana, 1999 : 183) mengklasifikasikan alat peraga sebagai
media pendidikan, meliputi : a) media visual, b) media audio, c) media
audiovisual, d) media asli dari orang. Alat peraga visual merupakan alat bantu
pengajaran yang diperlihatkan secara visual (ditangkap dengan indera
penglihatan). Jenis alat peraga visual meliputi : a) media gambar, b) media
papan, c) media proyeksi. Alat peraga
audio merupakan alat bantu pengajaran yang diperdengarkan (ditangkap dengan
indera pendengaran). Jenis alat peraga audio meliputi : a) cassete tape
recorder, b) radio. Alat peraga audiovisual merupakan alat bantu pengajaran
yang dapat didengar dan diamati (ditangkap dengan indera penglihatan dan indera
pendengaran). Jenis alat peraga audiovisual meliputi : a) televisi, b) video
cassete.
Alat
peraga benda asli dan orang merupakan alat bantu nyata berupa pengalaman
peserta didik. Jenis alat peraga benda asli dan orang meliputi : a) specimen
(insektarium, kebun binatang), b) mocks up yaitu tiruan suatu benda yang
menonjolkan bagian tertentu suatu benda misalnya mocks up paru-paru
dalam tubuh manusia, c) diorama, pemandangan yang dibuat seperti keadaan asli,
d) field study (studi lapangan), e) walking trips, pengalaman
belajar melalui demonstrasi di lingkungan sekitar sekolah misalnya pekerja pos,
pekerja rumah sakit, f) laboratorium, g) museum, h) widyawisata (Sumantri dan
Permana, 1999:184).
Secara
spesifik, Marks dkk. (1988 : 311) mengidentifikasi jenis alat peraga
dalam pembelajaran matematika meliputi : a) manik-manik pada kawat tegang,
untuk mempelajari himpunan dan himpunan bagian, menemukan hubungan-hubungan
diantara fakta-fakta penambahan, b) neraca palang (beam balance),
digunakan untuk menemukan arti setimbang, mencek pertidaksamaan, dan memecahkan
secara eksperimental persamaan linear, c) tangkai berkacang, mempelajari nilai
tempat dalam sembarang basis dan algoritma untuk penambahan dan pengurangan
bilangan cacah, d) papan berpaku melingkar, digunakan untuk menyelidiki makna
pecahan dan membuat bangun-bangun geometrik, e) daerah lingkaran, untuk
menentukan luas daerah lingkaran dan menunjukan luas daerah lingkaran, f)
sektor lingkaran, digunakan untuk menyelidiki konsep pecahan, penambahan
bilangan pecahan, dan membandingkan beberapa pecahan, g) kubus, untuk
menyelidiki himpunan membuat model menara (pada taman kanak-kanak), menyelidiki
volume prisma tegak, h) kertas bertitik, digunakan untuk menggambar poligon dan
bangun-bangun geometrik lainnya, i) papan berpaku, untuk menyelidiki bangun,
keliling, luas dan pecahan, j) kertas grafik, untuk membuat grafik batang dan
grafik garis, menggambar bangun-bangun geometrik, k) papan ratusan, untuk
mencacah, menyelidiki bilangan-bilangan genap dan ganjil, mencari pola,
mengembangkan makna persen, l) garis bilangan, sebagai model untuk menunjukan
barisan bilangan cacah dan bilangan bulat, menunjukan penambahan dan
pengurangan bilangan-bilangan itu, m) papan pancang, untuk menunjukan
fakta-fakta penambahan dan perkalian, n) diagram kantung atau diagram nilai
tempat, untuk menyelidiki ide, nilai tempat, menemukan makna algoritma untuk
penambahan, pengurangan, dan pembagian bilangan cacah dan desimal, o) poligon
dan polihedra, untuk membuat poligon dan polihedra, p) daerah persegi
panjang, untuk menentukan makna pecahan dan persen, dan makna penambahan
pecahan, q) spiner, untuk kegiatan di kelas taman kanak-kanak atau
kegiatan yang berhubungan dengan peluang, r) kotak dan strip, untuk
mempelajari nilai tempat dan algoritma penambahan dan pengurangan, s) strip,
untuk membuat dan mempelajari poligon, t) potongan tangram, untuk
menyelidiki berbagai pola, bangun, dan
luas, serta pecahan, u) tiles,untuk membuat gambar-gambar geometri dan
daerah penutup untuk menentukan luas, v) roda gelinding, untuk mengetahui
panjang suatu kurva, w) batang kayu, untuk mempelajari makna bilangan asli dan
penambahan bilangan asli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar