Selasa, 18 Desember 2012

Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa

Masyarakat menempatkan guru pada tempat yang lebih terhormat di lingkungannya karena seorang guru diharapkan masyarakat dapat mengembangkan ilmu pengetahuan. Ini berarti bahwa guru berkewajiban mencerdaskan kehidupan bangsa menuju kepada pembentukan manusia seutuhnya yang berdasarkan Pancasila.
Dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, guru didefinisikan sebagai pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada jalur pendidikan dasar dan menengah.
Apabila kita kelompokkan, terdapat tiga jenis tugas guru, yakni tugas dalam bidang profesi, tugas kemanusiaan dan tugas dalam bidang kemasyarakatan.

Guru merupakan suatu profesi artinya suatu jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Jenis pekerjaan ini mestinya tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang di luar bidang kependidikan.
Tugas guru sebagai profesi meliputi mendidik, mengajar, dan melatih. Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup. Mengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi Sedangkan melatih berarti mengembangkan keterampilan pada siswa.
Tugas guru dalam bidang kemanusiaan mengandung pengertian bahwa guru seyogianya menjadi orang tua kedua. Guru seyogianya mampu menarik simpati sehingga menampilkan kewibawaan bagi para siswanya.
Dalam konteks peningkatan minat baca anak, upaya guru seyogianya mengembangkan motivasi internal anak yang memungkinkan anak dapat mencapai kemandirian dalam kehidupannya. Untuk itu guru secara terus-menerus membimbing anak untuk mencoba belajar membaca, mengidentifikasi berbagai persoalan dan merumuskan berbagai alternatif pemecahan dan perbaikan terhadap persoalan membaca sehingga siswa dapat dengan sendirinya memiliki keterampilan yang handal untuk menemukan dan memecahkan masalah melalui membaca, yang datangnya dari dirinya sendiri dan dari lingkungan sosial dan fisiknya.
Kemudahan guru memberikan hadiah yang layak kepada siswa yang membiasakan diri membaca merupakan langkah yang strategis dalam mengembangkan minat baca siswa. Apapun jenis dan tingkat hadiah yang diberikan, cenderung memiliki potensi yang mampu mendorong siswa lebih bergairah dan menyukai kegiatan membaca.
Upaya guru dalam meningkatkan minat baca anak, antara lain: a) membacakan buku untuk siswa setiap hari (jadikan kebiasaan), b) usahakan buku mudah dilihat dan dijangkau oleh siswa, c) ajak anak ke tempat yang ada buku, d) bacakan dengan ekspresi, e) melakukan dengan kegiatan mendongeng, f) memperkenalkan anak pada bacaan-bacaan yang ada di sekitar, g) memberi kesempatan mengarang, h) melibatkan orang tua siswa, i) mengajak anak bereksperimen, j) menghargai buku, berikan sebagai hadiah, k) melakukan dengan gembira.
Upaya guru dalam kaitannya dengan orang tua siswa adalah senantiasa mendorong keluarga siswa dalam mengembangkan budaya baca. Hasyim dalam Suprianto (2007: 3) menganjurkan agar tiap keluarga memiliki perpustakaan keluarga. Sehingga perpustakaan bisa dijadikan sebagai tempat yang menyenangkan ketika ngumpul bersama istri dan anak-anak.
Di samping itu, guru mengarahkan orang tua untuk senantiasa menetapkan jam wajib baca. Tiap anggota keluarga, baik orangtua maupun anak-anak diminta untuk mematuhinya. Di tengah kesibukan di luar rumah, semestinya orangtua menyisihkan waktunya untuk membaca buku, atau sekadar menemani anak-anaknya membaca buku. Dengan begitu, anak-anak akan mendapatkan contoh teladan dari kedua orang tuanya secara langsung.
Sedangkan di tingkat sekolah, rendahnya minat baca anak-anak bisa diatasi dengan perbaikan pembelajaran membaca dan perpustakaan sekolah. Komunitas sekolah bisa lebih bertanggung jawab atas kondisi pembelajaran membaca dan perpustakaan yang selama ini cenderung memprihatinkan. Padahal, pembelajaran membaca dan perpustakaan sekolah merupakan sumber belajar yang sangat penting bagi siswanya. Dengan begitu, masalah rendahnya minat baca akan teratasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar