Selasa, 25 Desember 2012

Keterkaitan antara Kelas yang Ideal dan Prestasi Siswa


Kelas merupakan taman belajar bagi siswa dan menjadi tempat mereka, bertumbuh dan berkembang baik secara fisik, intelektual maupun emosional. Oleh karena itu kelas harus dikelola sedemikian rupa sehingga benar-benar merupakan taman belajar yang menyenangkan.
            Berdasarkan Depdikbud Dirjendikdasmen (1996: 2). Kelas yang ideal sebagai aspek pengelolaan kelas memiliki peran sebagai berikut:

1.      Mewujudkan situasi dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar yang memungkinkan siswa untuk mengembangkan prestasinya semaksimal mungkin.
2.      Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi terwujudnya interaksi belajar mengajar.
3.      Menyediakan dan mengatur fasilitas serta perabot belajar yang mendukung dan memungkinkan siswa belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional, dan intelektual siswa dalam kelas.
4.      Membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi budaya serta sifat-sifat individunya.
Kelas yang ideal merupakan wahana utama untuk mencapai tujuan pendidikan dalam upaya  menentukan mutu pendidikan. Baik buruknya proses belajar siswa di kelas, banyak ditentukan oleh bagaimana cara guru dalam mengelola kelas yang ideal. Oleh sebab itu apa yang terjadi di kelas harus disadari sepenuhnya, direncanakan, diprogramkan secara baik serta dilaksanakan dengan konsekuen dan konsisten.
Proses belajar serta segala aktivitas yang terjadi dalam kelas yang ideal turut juga membentuk jiwa, sikap, dan kepribadian siswa kelak. Oleh sebab itu setiap sikap dan tindakan yang memicu prestasi belajar siswa senantiasa dikembangkan dalam kelas yang ideal, nyaman dan menyenangkan.
Dari uraian di atas, kelas yang ideal menentukan tingkat aktivitas belajar siswa di kelas. Hal tersebut disebabkan karena tempat duduk yang nyaman akan membantu siswa untuk tenang dalam belajar dan apat pula menimbulkan gairah belajar siswa. Sehingga siswa dapat mengembangkan prestasi belajarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar